v

Istri Pendiri Gudang Garam Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia

Nama Tan Siok Tjien masuk sebagai salah satu miliarder Indonesia di daftar orang terkaya versi Bloomberg. Meski namanya terdengar asing, Tan Siok Tjien ternyata merupakan istri dari mendiang pendiri Gudang Garam, Surya Wonowidjojo.

Melansir Bloomberg, Jumat (19/5/2017), kekayaan miliarder ini mencapai US$ 9,29 miliar atau setara Rp 124 triliun (kurs US$ 1 = Rp 13.385). Dibanding tahun lalu, kekayaan miliarder ini meningkat US$ 1,03 miliar.

Tan Siok Tjien berada di peringkat 145 dari total 500 nama miliarder di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan miliarder asal Indonesia, ibu lima anak ini menduduki di peringkat ketiga.

Saat ini Gudang Garam dipimpin oleh salah satu putranya, yaitu Susilo Wonowidjojo. Gudang Garam didirikan oleh suami Tank Siok Tjien, Surya Wonowidjojo di Kediri pada 1958. 

Sebelum bisa sukses sebagai salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, Gudang Garam berawal dari sebuah industri rumahan. Produk kretek yang diproduksi pertama kali adalah SKL dan SKT.

Suami Tan Siok Tjien bekerja keras merintis bisnisnya. Ia bekerja tanpa modal yang cukup, kecuali kerja keras. Surya meninggal pada 29 Agustus 1985.

Pada 1990, Gudang Garam mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya, yang mengubah statusnya menjadi perusahaan terbuka.

Kemudian pada 2013, Gudang Garam memperluas daerah produksinya. Areal perusahaan yang semula hanya seluas 1.000 meter persegi kini telah berkembang menjadi sekitar 208 hektare yang terletak di wilayah Kabupaten dan Kota Kediri serta di wilayah Pasuruan.

Sumber   : bisnis.liputan6.com
Advertisemen

Disqus Comments