v

Ledakan di Manchester Arena Diduga Akibat Bom Bunuh Diri

Sebuah ledakan terjadi usai konser penyanyi Amerika Serikat, Ariana Grande di Manchester Arena, Inggris. Ledakan tersebut diduga akibat dari serangan bom bunuh diri.

Dua pejabat dari Amerika Serikat menuturkan terdapat seorang pelaku yang dicurigai sebagai pelaku bom bunuh diri, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (23/5/2017). Kepolisian Inggris sebelumnya juga telah mengamankan benda yang diduga sebagai bom.

Setidaknya 19 Tewas Akibat Ledakan di Konser Ariana Grande
Kepolisian Manchester memastikan setidaknya terdapat 19 orang meninggal dunia dan 50 lainnya terluka akibat ledakan di Manchester Arena. Polisi menindak lanjuti ledakan tersebut sebagai serangan teroris.

Unit anti terorisme telah berdatangan untuk mengantisipasi ledakan susulan di Manchester Arena, Inggris, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (23/5/2017). Ledakan terjadi usai konser penyanyi kenamaan Ariana Grande yang telah dipastikan selamat dari peristiwa itu.

Penonton dari konser tersebut banyak yang mengunggah foto maupun video ledakan ke media sosial. Saksi mata menyebut penonton berlarian dan panik saat ledakan terjadi.

"Kami sedang menuju keluar dari area konser dan pada saat bersamaan di sebelah kanan pintu terjadi ledakan. Dan semua orang berteriak," kata pengunjung konser Catherine Macfarlane kepada Reuters.

Macfarlane menyampaikan ledakan tersebut sangatlah besar. Orang-orang yang berada di sekitar arena konser berlarian dan berteriak untuk keluar.

"Itu adalah ledakan yang besar. Setiap orang lari dan berteriak untuk keluar," tuturnya.

Ledakan itu terjadi pada Senin (22/5) waktu setempat. Sejumlah pengunjung konser bahkan masih merekam kejadian itu dan diunggah ke media sosial karena waktunya yang tepat usai konser berakhir.

Sejumlah Orang Terluka Akibat Ledakan Usai Konser Ariana Grande
Ledakan terjadi di Manchester Arena, Inggris, tepat setelah konser musik Ariana Grande berakhir. Sejumlah orang tewas dan terluka akibat kejadian ini.

Dikutip dari Reuters, Selasa (23/5/2017), belum diketahui secara pasti berapa jumlah korban tewas dan luka-luka akibat ledakan ini. Polisi setempat menyatakan bahwa mereka langsung merespons ketika ada laporan ledakan.

"Kami tengah menuju keluar dan saat kami tepat berada di pintu, ada sebuah ledakan besar dan semua orang berteriak," kata seorang pengunjung konser, Catherine Macfarlane kepada Reuters.
Manchester Arena merupakan arena indoor terbesar di Eropa. Kapasitas penonton di dalamnya mencapai 21.000 dan sering dipakai untuk konser.

"Itu adalah ledakan yang sangat besar , kau bahkan bisa merasakannya di dadamu,  itu tadi sangan chaos. Semua orang berlarian dan teriak dan hanya mencoba untuk keluar," imbuh Catherine.

Ada WNI Nonton Konser Ariana Grande, Namun Selamat dari Ledakan

Ledakan terjadi pada Senin malam beberapa menit usai konser penyanyi Ariana Grande di Manchester Arena. Ada sejumlah mahasiswa asal Indonesia yang dikabarkan menonton konser tersebut.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London memastikan bahwa tak ada WNI menjadi korban sejauh ini. "Kabarnya sudah pulang dengan selamat," ujar Sekretaris 2 Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI London, Dethi Silvidah Gani kepada detikcom, Selasa (23/5/2017).

KBRI pun mengimbau warga negara Indonesia (WNI) untuk waspada. KBRI juga menyediakan kontak hotline (+447881221235) untuk mengakses informasi terkini terkait peristiwa yang terjadi pada Senin (22/5) malam waktu setempat.

"@KBRILondon memantau perkembangan investigasi Polisi & mengimbau WNI utk menghindari daerah Manchester Arena," tulis akun Twitter resmi KBRI London.

Sebelumnya diberitakan, Kepolisian Manchester memastikan setidaknya terdapat 19 orang meninggal dunia dan 50 lainnya terluka akibat ledakan di Manchester Arena. Polisi menindak lanjuti ledakan tersebut sebagai serangan teroris.

Unit anti terorisme telah berdatangan ke lokasi kejadian untuk mengantisipasi ledakan susulan, seperti dilansir dari Reuters. Ledakan terjadi usai konser penyanyi kenamaan Ariana Grande yang telah dipastikan selamat dari peristiwa itu. 

Penonton dari konser tersebut banyak yang mengunggah foto maupun video ledakan ke media sosial. Saksi mata menyebut penonton berlarian dan panik saat ledakan terjadi.

Sumber     :   news.detik.com
Editor       :   bandarberita757.blogspot.com
Advertisemen

Disqus Comments