v

5 Manfaat Susu Kedelai bagi Ibu Hamil

Susu merupakan minuman yang mempunyai asupan protein tinggi. Tak hanya tinggi protein saja, di dalam susu juga terdapat kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ada dua jenis susu yang dapat dikonsumsi oleh manusia, yaitu susu yang berasal dari protein hewani dan susu yang berasal dari protein nabati.

Susu yang berasal dari protein hewani, terdiri dari susu sapi, susu kambing dan susu kerbau. Sementara susu yang berasal dari protein nabati, diantaranya adalah susu kacang kedelai dan susu kacang almond. Di negara Indonesia sendiri, susu kacang kedelai diolah menjadi berbagai varian rasa, seperti original, coklat, strawberry, jahe dan lain sebagainya. Semua varian rasa tersebut mempunyai rasa yang enak.

Tak hanya enak untuk dikonsumsi, susu kedelai juga mempunyai banyak manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh khususnya bagi ibu hamil. Di dalam susu kedelai terdapat kandungan nutrisi berupa asam folat, kalsium, protein, lemak nabati, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin E sehingga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Susu kedelai juga dapat dijadikan sebagai pilihan alternatif bagi mereka yang mempunyai alergi terhadap protein hewani.

Adapun diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Membantu Perkembangan Syaraf dan Otak Bayi
Susu kedelai mempunyai kandungan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan asam folat tersebut berfungsi untuk membantu perkembangan syaraf dan otak sehingga bayi terlahir dengan otak yang sehat, kemudian secara berangsur-angsur asam folat tersebut dapat meningkatkan tingkat kecerdasannya.

2. Mencukupi Asupan Vitamin
Di dalam kedelai terdapat kandungan beberapa vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1 dan vitamin E. Kandungan vitamin tersebut dapat memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan perkembangan janinnya.

3. Membuat Janin Berkembang Optimal
Susu kedelai mempunyai kandungan protein yang terdiri dari, lisin, arginine, teronin dan glisin. Semua kandungan protein tersebut mempunyai kemampuan untuk mengontrol organ janin agar berkembang secara sehat, lengkap dan optimal.

4. Sumber Energi
Saat hamil, seorang wanita menjadi cepat lelah saat melakukan aktivitas terutama saat melakukan aktivitas yang berat. Hamil bukan alasan untuk bermalas-malasan, karena ibu hamil harus tetap berolahraga dan bergerak agar proses persalinannya menjadi lancar. Untuk mewujudkannya, ibu hamil memerlukan asupan energi yang lebih. Energi tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi susu kedelai.

5. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat
Susu kedelai mempunyai lemak nabati yang berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah. Ibu hamil yang mempunyai kadar kolesterol tinggi akan berdampak buruk pada kesehatan tubuhnya dan janin yang ada di dalam rahimnya. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi susu kedelai.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari susu kedelai, sebaiknya tetap konsumsilah dalam kadar yang sewajarnya. Sebab, segala sesuatunya yang digunakan dan dikonsumsi secara berlebihan tidak akan memberikan hasil yang baik. Hal penting lainnya yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan adalah, pastikan untuk mengkonsumsi susu kedelai yang asli dan terbebas dari campuran bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Agar dapat memastikan keasliannya, sebaiknya buatlah sendiri susu kedelai dari sari kacang kedelai.

Advertisemen

Disqus Comments