v

7 Manfaat Kulit Jeruk

Salah satu jenis buah yang mempunyai banyak penggemar adalah buah jeruk. Buah ini terkenal karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Selain itu, buah jeruk juga terkenal dengan kandungan vitamin C yang melimpah dan mempunyai kandungan nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Saat mengkonsumsi buah jeruk, setiap orang pasti membuang kulitnya begitu saja. Padahal, di dalam kulit jeruk terdapat kandungan nutrisi yang tak kalah banyaknya dengan buahnya. Di dalam kulit jeruk terdapat kandungan nutrisi berupa vitamin A, vitamin C, antioksidan dan flavonoid. Kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol
Di dalam kulit jeruk terdapat kandungan flavon yang terdiri dari zat polymethoxylate dan hesperidin. Departemen Pertanian AS dan perusahaan Nutraceutical KGK Synergize telah melakukan penelitian bahwa kandungan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.


2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kulit
Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam kulit jeruk berperan untuk membantu vitamin C dan antioksidan untuk bekerja lebih efisien. Flavonoid di dalamnya juga mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dengan cara menghambat pasokan makanan yang dibutuhkan oleh sel-sel kanker.

3. Mencegah Penyakit Kanker Kulit
Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2000 di Arizona Cancer Center (Nutrition and Cancer; Citrus Peel Use is Associated with Reduced Risk of Squamous Cell Carcinoma of the Skin). Penelitian tersebut mereka menemukan senyawa d-limonene di dalam kulit jeruk yang berperan untuk mengurangi pertumbuhan kanker kulit.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C yang ada di dalam kulit jeruk mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara membantu memproduksi sel darah putih yang berperan sebagai sistem imun.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Kandungan vitamin C, antioksidan dan serat yang terdapat di dalam kulit jeruk mempunyai kemampuan untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan, seperti sembelit, susah buang air besar, wasir, sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya.

6. Memperbaiki Kondisi Pernapasan
Di dalam 100 gram kulit jeruk terdapat kandungan serat sekitar 10.6 gram. Kandungan serat tersebut mempunyai kemampuan untuk mencegah sindrom iritasi kembung dan jika diekstrak, kulit jeruk mempunyai kemampuan untuk memperbaiki kondisi pernapasan.

7. Menenangkan Pikiran
Aroma menyegarkan yang dimiliki oleh kulit jeruk mempunyai efek untuk menenangkan pikiran sehingga dapat membuat tubuh hingga pikiran menjadi rileks dan membuat tubuh terhindar dari rasa stres.

Karena kulit jeruk mempunyai rasa yang sangat pahit, membuat banyak orang enggan untuk mengkonsumsinya secara langsung. Ada cara mudah yang dapat dilakukan untuk membuat kulit jeruk enak untuk dikonsumsi, yaitu dengan mengolahnya menjadi manisan yang enak.

Berikut dijelaskan mengenai bagaimana cara pembuatan manisan kulit jeruk. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut :
  • Siapkan kulit jeruk secukupnya, kemudian cucilah hingga benar-benar bersih
  • Potonglah menjadi ukuran yang kecil-kecil
  • Keringkan dengan cara menjemur di bawah sinar matahari
  • Setelah, benar-benar kering rendamlah di dalam larutan gula selama semalaman
Cara selanjutnya, bisa mengkonsumsi kulit jeruk dengan cara membuatnya menjadi jus, yaitu dengan mencampurkannya dan membelendernya sebagai campuran jus buah segar. Hal ini disebabkan karena campuran buah tersebut dapat menetralkan rasa pahit di yang dimiliki oleh kulit jeruk.

Yang terakhir, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kulit jeruk dalam bentuk ekstrak kulit jeruk yang sudah banyak dijual di pasaran. Sebelum mengkonsumsi atau mengolahnya pastikan bahwa telah mencucinya hingga bersih karena pada permukaan kulit jeruk terkena paparan zat pupuk kimia, paparan lilin, inteksida, bakteri, kuman dan virus yang terbawa oleh angin.

Namun, jika ingin mengkonsumsi kulit jeruk secara langsung sebaiknya konsumsilah kulit jeruk keprok atau jeruk mandarin karena mempunyai rasa yang lebih manis dibandingkan dengan jenis kulit jeruk lainnya. Tetap konsumsilah secara bijaksana dan harus dengan cara yang tepat.

Advertisemen

Disqus Comments