v

Besok Djarot Dilantik Jokowi Jadi Gubernur DKI Jam 9 Pagi

Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan dilantik sebagai gubernur definitif DKI oleh Presiden Joko Widodo esok hari. Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono menyebut Djarot akan dilantik pukul 09.00 WIB di Istana Negara.

"Dilantik besok ya jam 09.00 WIB di Istana Negara," kata Sumarsono kepada detikcom, Rabu (14/6/2017).

Dilantiknya Djarot sebagai Gubernur DKI memang dipastikan dilakukan besok, Kamis (15/6). Meski begitu, hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan sudah terbitnya keputusan presiden (keppres) terkait pelantikan tersebut.

Mensesneg Pratikno mengatakan surat keputusan presiden sudah hampir selesai atau segera terbit. Namun, hingga H-1 rencana pelantikan, belum ada pengumuman terbitnya keppres.

"Iya, sekarang masih proses, sebentar lagi selesai," ujar Pratikno, Senin (12/6). 

Djarot dilantik menjadi gubernur definitif seiring dengan pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari Gubernur DKI Jakarta. Hal ini karena Ahok sedang menjalani masa tahanan terkait kasus penodaan agama.

Ahok, yang batal mengajukan banding, ditahan setelah majelis hakim menyatakan dirinya terbukti melakukan penistaan agama. Dia dikenai Pasal 156 a KUHP dengan 2 tahun masa tahanan. 

Advertisemen

Disqus Comments