v

Driver Demo Kena Suspend, Grab: Mereka Terbukti Curang

bandarberita757.blogspot.com - Sejumlah driver GrabCar menggelar demo terkait insentif yang sedianya mereka terima. Insentif tak ada, justru akun mereka di-suspend (diberhentikan sementara). 

Grab Indonesia menegaskan telah melakukan penyelidikan sebelum memutuskan untuk melakukan suspend terhadap akun para driver tersebut. Hasilnya, mereka terbukti berbuat curang.

Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan sejumlah driver yang diberhentikan sementara itu telah terbukti melanggar kode etik yang telah ditetapkan. 

"Kami sampaikan, seluruh mitra pengemudi GrabCar yang diberhentikan sementara telah terbukti bersalah melakukan perbuatan curang atau fraud yang melanggar kode etik mitra pengemudi Grab," ujar Ridzki, Selasa (27/6/2017). 

"Perbuatan fraud yang dilalukan oleh sebagian kecil pengemudi ini merugikan penumpang yang dilayani, dan sebagian kecil pengemudi ini merugikan penumpang yang dilayani, juga merugikan ribuan pengemudi lainnya," lanjutnya. 

Pemberhentian sementara yang dilakukan Grab, lanjut Ridzki, merupakan tindak lanjut dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh pihaknya. 

"Seluruh mitra pengemudi Grab harus mematuhi dan menandatangani kode etik yang merupakan bagian dari proses ketat penggunaan aplikasi Grab. Perlu ditekankan bahwa tim fraud kami telah melakukan penyelidikan menyeluruh sebelum kami melakukan tindakan yang diperlukan dengan pemberhentian sementara pengemudi yang bersangkutan dari sistem kami," jelasnya. 

Sebelumnya, sejumlah driver menjelaskan soal insentif Lebaran yang dijanjikan oleh Grab. Salah seorang driver GrabCar, Ayu, mengatakan nilai insentif mencapai Rp 11 juta bagi driver yang bekerja baik sebelum, saat, dan sesudah Idul Fitri, dengan total kerja 9 hari. 

Buntut dari ketidakjelasan itu menyebabkan para driver akhirnya melakukan demonstrasi. Kemudian manajemen Grab mendatangi dan memberi penjelasan kepada mereka terkait insentif Lebaran.

Advertisemen

Disqus Comments