v

Ke Prambanan, Obama Tak Ingin Diperlakukan Istimewa

bandarberita757.blogspot.com - Barack Obama beserta keluarga berencana mengunjungi Candi Prambanan. Ada permintaan khusus dari keluarga ini kepada pihak pengelola candi.

"Beliau minta untuk diperlakukan seperti wisatawan yang lain, bukan tamu kenegaraan. Ini disampaikan langsung dari pihak Obama," ujar General Manajer Unit Candi Prambanan Pujo Suwarno di kantornya, Jalan Raya Yogya-Solo, Sleman, Rabu (28/6/2017).

Pintu untuk tamu VVIP Candi Prambanan terletak di sisi barat. Namun, kata Pujo, Obama nantinya akan masuk melalui pintu sebelah timur atau sama dengan wisatawan yang lain.

Pujo juga menegaskan tidak akan ada penutupan objek wisata Candi Prambanan. Ditambah lagi saat ini di kawasan tersebut sedang ramai oleh wisatawan domestik. 

"Jadi memungkinkan akan ada interaksi dengan wisatawan," kata Pujo.

Meski begitu, pihak pengelola Candi Prambanan telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri terkait dengan keamanan Obama dan keluarga. Pujo melanjutkan beberapa orang dari pihak keamanan dari Amerika juga sudah datang untuk menyurvei lokasi.

"Beberapa hari yang lalu sudah ada dari Amerika," tuturnya.

Tiga arkeolog telah siap memandu Obama dan rombongan. Mereka adalah Manggarsari Ayuwati, Aristyastuti, dan Wahyu Astuti. Ketiganya telah bersiap menemani Obama berkeliling Candi Prambanan.

"Kita ini standby aja. Menunggu kabar juga pastinya kapan Obama datang. Tapi kami sudah siap," kata Pujo. 

Obama akan Datang, Candi Borobudur Mulai Disterilkan dari Pengunjung

Kawasan Candi Borobudur mulai disterilkan dari pengunjung yang akan naik ke zona I. Sterilisasi dilakukan terkait dengan rencana kunjungan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Imbauan agar pengunjung turun dari stupa induk bagian barat candi disampaikan pengelola melalui pengeras suara. Sedangkan petugas keamanan mulai bersiaga di pintu Kenari di sisi barat candi yang biasa digunakan sebagai akses masuk tamu VVIP.

Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Inf Hendra Purwanasari mengatakan Obama sempat meminta agar candi tidak ditutup bagi kunjungan wisatawan lain.

"Beliau (Obama) hanya meminta agar dibiarkan berkunjung dalam situasi dan kondisi yang paling aman," ujar Hendra.

Pihaknya sampai saat ini belum bisa memastikan perlu-tidaknya penutupan di semua pintu masuk atau hanya di sebagian jalur.

Selain itu, menurut Hendra, Obama meminta kunjungannya tidak diganggu keberadaan media. Dia menginginkan suasana yang lebih pribadi karena kunjungannya adalah kunjungan pribadi.

Secara terpisah, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur-Prambanan-Ratu Boko (TWCB PRB) Edy Setijono mengatakan candi tetap dibuka untuk umum seperti biasa.

"Loket dibuka sampai jam 17.30 WIB, sedangkan candinya dibuka sampai jam 18.00 WIB," kata Edy.

Advertisemen

Disqus Comments