v

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mungkin kamu tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Buah kersen atau juga bisa disebut talok, keres, kersem, ataupun baleci sangat mudah ditemui karena tergolong pohon liar yang cepat tumbuh dengan tinggi yang mencapai 5-10 meter. Pohonnya terkenal teduh, daunnya berbulu lengket dengan buah bulat kecil-kecil berwarna merah saat matang. Daging buahnya halus mirip biji kecil-kecil dan memiliki rasa manis.

Meski seringkali dipetik untuk dimakan, nggak banyak orang tahu kalau ternyata buah kersen ini menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Bahkan, buah mungil bernama ilmiah Muntingia Calabura yang biasanya dimakan karena alasan ‘iseng-iseng’ ini mampu melawan penyakit tertentu.

Agar tak lagi menyia-nyiakan buah kersen, berikut manfaat buah kersen yang tak terduga.

1. Buah kersen dapat meningkatkan kesehatan mata karena tingginya kandungan vitamin A dan betakaroten yang terdapat di dalamnya. Diperkaya dengan vitamin A dan betakaroten yang tinggi, buah kersen menjadi asupan yang dibutuhkan untuk menjaga retina tetap sehat serta menjaga dan melindungi daya penglihatan.

2. Mengonsumsi buah kersen secara rutin setiap hari ampuh mengurangi rasa sakit akibat asam urat, bahkan menormalkannya kembali. Penderita asam urat sering mengalami rasa nyeri yang menyiksa. Nah, buah kersen terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat tersebut. Selain buah, daunnya juga bisa kamu gunakan. Caranya, rebus daun kersen bersama air selama beberapa menit, dinginkan dan saring airnya, kemudian minum secara rutin setiap hari. Niscaya asam urat dapat kembali normal seperti sediakala.

3. Selain buah, rebusan daun kersen bersifat antiseptik yang mampu membunuh mikroba yang berbahaya bagi tubuh. Sifat antiseptik dalam daun kersen berasal dari senyawa yang terkandung seperti tanin, flavonoid dan saponin. Sehingga mampu menekan pertumbuhan bakteri berbahaya seperti C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Cukup dengan makan buah atau minum air rebusannya untuk mendapatkan khasiat ini.

4. Membantu menurunkan berat badan juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah kersen secara rutin. Buah kersen mengandung karbohidrat yang cukup sehingga dapat menahan lapar lebih lama. Cocok deh kamu jadikan sebagai camilan sehat setiap harinya.

5. Tanpa disangka, buah kersen juga bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan jerawat. Buatmu yang memiliki masalah jerawat di wajah, cobalah untuk mengaplikasikan buah kersen sebagai masker. Caranya, haluskan buah kersen lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Atau kamu juga bisa langsung mengaplikasikannya dengan memencet buah kersen, gunakan bagian biji dan air di dalamnya untuk dioleskan pada kulit wajah. Lakukan perawatan ini rutin setiap sebelum tidur malam.

6. Perpaduan buah dan daun kersen ternyata punya sifat anti tumor yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kandungan antioksidan dalam buah kersen berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga dapat melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor. Antioksidan ini berasal dari vitamin A, C, dan betakaroten di dalamnya. Sedang kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Sehingga mengonsumsinya secara teratur sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi juga dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi buah kersen secara rutin setiap hari. Buah kersen dilengkapi dengan kalium yang mampu mengontrol dan menstabilkan tekanan darah. Dengan kembali normalnya tekanan darah, maka buah kersen dapat menurunkan resiko terkena stroke akibat tekanan darah yang terlalu tinggi.

8. Jangan salah, buah kersen dapat menjaga kesehatan kulit sekaligus bikin awet muda!. Sejumlah antioksidan termasuk vitamin C dalam buah kersen sangat efektif dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini, sehingga kulit akan tampak awt muda karena terjaga elastisitasnya. Selain itu, mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C akan membuat kulit wajah menjadi lebih berseri alami.

9. Buah kersen juga berfungsi sebagai anti inflamasi dan sangat membantu dalam penurunan demam. Sifat anti inflamasi yang terdapat di dalam buah kersen berguna untuk mencegah peradangan juga ampuh turunkan demam. Konsumsi buahnya secara rutin atau juga bisa minum rebusan daunnya.

10. Mineral penting dalam buah kersen dibutuhkan untuk menjaga jantung tetap sehat. Kamu yang malas olahraga, bisa gunakan daun kersen sebagai alternatifnya. Ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium. Miokardium sendiri merupakan lapisan otot jantung yang bertugas untuk memompa jantung dan memasok seluruh tubuh dengan darah. Konsumsi teratur daun kersen ini berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium. Sehingga memungkinkan jantung tetap sehat.

11. Dengan mengonsumsi buah kersen atau meminum air rebusan daun kersen secara rutin setiap hari, dipercaya dapat mengobati penyakit diabetes. Buah kersen cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Senyawa kimia di dalam daunnya efektif untuk mengontrol insulin, sehingga metabolisme gula dapat berjalan dengan baik. Cara membuat ramuannya, rebus 50-100 gram daun kersen bersama seliter air hingga tersisa setengah liter saja. Minum dengan rutin di pagi dan malam hari.

Advertisemen

Disqus Comments