v

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh

Kemangi merupakan tumbuhan yang memiliki ukuran kecil, bahkan terlihat seperti rumput. Ciri khas dari tanaman ini adalah terdapat bunga dibagian pucuknya dan memiliki bau yang harum yang khas baik dibagian daun maupun bunganya. Daun kemangi biasanya dipakai sebagai lalap makanan, karena selain harumnya yang khas, daun kemangi juga bisa untuk menambah selera makan.

selain sebagai lalap makanan, daun kemangi ini juga bisa digunakan sebagai obat herbal atau obat alami lho. Tanaman ini memiliki kandungan dan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini kami paparpak beberapa poin tentang manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh

1. Baik untuk Kesehatan Jantung
Kemangi kaya akan carotenoid yang dapat diubah menjadi vitamin A. Kemangi bisa menjadi metode yang sangat baik untuk mendapatkan magnesium yang baik untuk kesehatan jantung dengan menenangkan otot serta pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah serta mengurangi kemungkinan irama jantung yang tidak normal serta kerjang-kejang.

2. Baik untuk Kesehatan Rambut dan Kulit
Minyak kemangi sangat bermanfaat untuk membuat kulit dan rambut yang kusam menjadi lebih cerah. Kemangi juga baik untuk melawan dan membasmi jerawat. Selain untuk mencerahkan, kemangi juga baik untuk mengobati rambut yang kurus. Hal ini disebabkan karena kemangi meningkatkan sirkulasi darah menuju akar rambut. Kemangi bekerja dengan cara membantu akar rambut, membentengi dasar rambut, menawarkan anti-oksidan serta kelembaban terhadap folikel rambut. Sehingga dengan begini rambut akan menjadi berkualitas.

3. Baik untuk Mencegah Beberapa Jenis Kanker
Kemangi terkenal dengan anti-oksidannya yang efektif. Anti-oksidan alami yang terdapat pada kemangi dapat menjaga tubuh terhadap kerusakan dari radikal bebas, sehingga mampu untuk mencegah sebagian besar penyakit kanker. Kemangi juga mengandung flanovoid yang berfungsi melindungi struktur sel dari radiasi. Kemangi benar-benar kaya dengan zat-zat yang akan membantu sel-sel dari kerusakan radikal bebas.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Anti-oksidan yang terdapat dalam kemangi sangat baik dalam membantu sistem pertahanan tubuh melawan penyakit menular. Daun kemangi memiliki kemampuan sebagai anti bakteri yang bisa digunakan untuk mengurangi resiko bakteri seperti E. coli serta Listeria, yang dapat mengakibatkan keracunan makanan. Selain itu, daun kemangi juga baik digunakan untuk menutup luka. Kandungan yang ada didalamnya bermanfaat untuk mencegah infeksi bakteri. Selain pencegahan infeksi dari luka, dengan memakan daun kemangi dapat membantu melawan infeksi virus dari dalam seperti pilek, flu, dan herpes.

5. Baik untuk Sistem Pencernaan
Kemangi memiliki kemampuan anti-inflamasi yang kuat. Apa itu arti inflamasi? Dilansir dari kamuskesehatan.com, Infalamasi atau peradangan adalah bengkak kemerahan, panas, dan nyeri pada jaringan karena cedera fisik, kimiawi, infeksi, atau reaksi alergi. Dengan adanya kemampuan anti-inflamasi, hal ini mendorong berfungsinya saluran usus, dan disamping itu bekerja dengan baik untuk mengobati beberapa jenis keluhan pencernaan seperti penyakit radang usus, mulas, buang angin, perut kram, serta usu bermasalah.

6. Mengurangi Nyeri Arthritis (Radang Sendi)
Dalam hal ini, kemangi bekerja dengan cara menekan aktivitas siklooksigenase atau COX.

7. Menguatkan Ingatan
Kemangi sangat baik untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Kemangi benar-benar kaya akan kortikosteron yang akan membantu dalam menguatkan daya ingat. Kemangi bekerja sangat baik dalam mengaktifkan sirkulasi otak yang bisa mengurangi resiko kerusakan otak. Selain itu, kemangi membantu memelihara sistem saraf.

8. Meredakan Batuk
Kemangi merupakan komponen yang sangat penting dalam sirup obat batuk seperti ekspektoran. Dengan begitu kita tidak perlu repot membeli obat batuk di apotik jika kita bisa membuatnya sendiri dari bahan yang alami. Caranya pun sangat mudah sekali, kita hanya perlu menyediakan daun kemangi, kemudian merebusnya dengan tambahan garam. Setelah itu konsumsi air tersebut sebagai obat batuk.

9. Mengurangi Stress
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa daun kemangi mempunyai khasiat cukup besar dalam hal mengurangi stress. Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk mengkonsumsi 10 sampai 12 daun kemangi, dua kali sehari, untuk menghindari perasaan stres. Denga mengkonsumsi dau kemangi setiap hari juga dapat membantu membersihkan darah kita.

10. Mencegah Jerawat
Dalam hal ini, kita hanya perlu menggunakan kemangi sebagai masker. Yaitu dengan cara menghauskannya seperti membuat juss. Selain untuk mencegah jerawat, kemangi juga bisa untuk mengatasi masalah kulit lainnya seperti kurap, psoriasis serta gigitan serangga. Kemampuan anti-inflasme dalam kemangi juga bisa digunakan seagai perawatan dan pencegahan dari peradangan kulit sehingga kulit menjadi kenyal dan sehat.

11. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Kemangi juga dapat digunakan untuk menjaga dan merawat mulut kita dari berbagai masalah mulut seperti bau tidak sedap serta masalah pada gigi dan gusi. Bagaimana caranya? Jemur daun kemangi di bawah sinar matahari sekitar 2 hari, lalu haluskan. Gunakan serbuk kemangi sebagai pasta gigi. Bisa jug dikombinasikan dengan minyak mustard.

Advertisemen

Disqus Comments