v

Manfaat Daun Pandan: Netralisir Racun hingga Turunkan Demam

Daun pandan menjadi satu tanaman yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Hampir setiap kuliner khas menggunakan daun ini sebagai pewarna, pewangi dan perasa masakan. Kenyataannya, daun pandan tak hanya berguna sebagai penambah rasa masakan tapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Dilansir TribunTravel.com dari laman articlesofhealthcare.com berikut 7 manfaat daun pandan.

1. Mengatasi sembelit
Sembelit merupakan tanda kurangnya serat atau cairan tubuh. Konsumsi jus daun pandan saat pagi dan malam hari dapat mengobatinya. Tak cuma jus, tehnya juga berkhasiat baik bagi kesehatan. Caranya rebus beberapa lembar daun pandan dan minum air rebusan selagi hangat.

2. Kram perut
Masalah perut seperti kram bisa diatasi dengan mengkonsumsi jus atau teh pandan.Tanaman ini baik untuk masalah pencernaan.

3. Kurangnya nafsu makan
Jika merasa kurang nafsu makan, segera minum teh daun pandan. Kandungan di dalamnya dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Bagi wanita setelah melahirkan, teh pandan juga membantu untuk meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan energi.

4. Menurunkan demam
Teh pandan sering direkomendasikan oleh dokter untuk dikonsumsi ketika pasien mengalami demam. Suhu tubuh dapat segera turun, dan penyakit juga cepat pulih.

5. Menetralkan racun
Tidak hanya air kelapa hijau yang mampu menghilangkan atau menetralkan racun, tapi teh daun pandan juga bisa. Tak cuma menetralkan tapi membantu melepaskan racun dan kotoran dari tubuh.

6. Mencegah kanker
Minum air pandan secara teratur dapat membantu proses penyembuhan kanker, karena menghambat zat karsinogen.

7. Menghilangkan ketombe
Membilas rambut dan kulit kepala dengan air pandan membantu mengurangi ketombe dan menyuburkan rambut.

Sumber :  tribunnews.com
Advertisemen

Disqus Comments