v

Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Semua orang pasti tidak asing lagi dengan kacang hijau, kacang yang termasuk dalam jenis polong-polongan ini memang cukup populer di Indonesia. Selain itu, kacang hijau sendiri banyak dikonsumsi dalam berbagai olahan makanan yang lezat seperti bubur kacang hijau, es kacang hijau, kolak kacang hijau dan masih banyak lagi.

Tanaman kacang hijau banyak ditanam oleh para petani di Indonesia sehingga cukup mudah untuk mendapatkannya. Terlebih lagi, untuk mendapatkan kacang hijau tidak akan menguras isi dompet karena di pasaran kacang hijau dibanderol dengan harga yang cukup murah per kilonya. Tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, kacang jenis ini mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Di dalam satu butir kacang hijau terdapat kandungan nutrisi berupa protein, vitamin B kompleks, serat, mineral, asam folat, karbohidrat, vitamin A, vitamin E, kalsium dan masih banyak lagi. Bayangkan, jika satu butir kacang hijau mengandung begitu banyak nutrisi, maka seberapa banyak nutrisi yang akan didapatkan oleh tubuh kita saat mengkonsumsi dalam jumlah banyak.

Setelah dijelaskan mengenai kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kacang hijau, pada kesempatan kali ini juga akan diberikan informasi mengenai manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh. Inilah beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh, adapun diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Melancarkan Sistem Pencernaan
Sebelumnya telah diketahui bahwa di dalam kacang hijau terdapat kandungan serat. Kandungan serat tersebut berguna untuk menyehatkan organ-organ pencernaan sehingga sistem pencernaan di dalam tubuh menjadi lancar.

2. Menambah Energi
Kandungan serat dan karbohidrat di dalam kacang hijau dapat digunakan untuk menambah energi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kacang hijau dapat diolah menjadi menu sarapan yang menyehatkan.

3. Menurunkan Berat Badan
Kacang hijau mempunyai kandungan kalori rendah, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu komponen menu diet sehat. Selain itu, kacang hijau juga mempunyai sifat yang mengenyangkan dan menunda rasa lapar.

4. Baik untuk Ibu dan Janin
Di dalam kacang hijau terdapat kandungan asam folat dan kalsium tinggi. Kedua kandungan tersebut mempunyai kemampuan untuk menyehatkan ibu dan janinnya.

5. Sumber Protein Tinggi
Sudah dapat dipastikan bahwa kacang hijau mempunyai kandungan protein tinggi. Apabila dikonsumsi secara teratur kacang hijau dapat memenuhi asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Mengobati dan Mencegah Anemia
Di dalam kacang hijau terdapat kandungan zat besi yang cukup banyak. Kandungan zat besi tersebut mempunyai kemampuan untuk membantu pembentukan sel-sel darah merah sehingga dapat mengobati dan mencegah anemia.

7. Menjaga Kesehatan Kulit
Di dalam kacang hijau juga terdapat kandungan vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dengan cara melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

Agar semua kandungan nutrisi dan manfaat kacang hijau tidak hilang ketika dikonsumsi, penting untuk mengolah atau memasaknya dengan cara yang baik dan benar. Disarankan untuk tidak melakukan proses perebusan kacang hijau terlalu lama karena dapat merusak semua kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Melakukan perebusan kacang hijau dengan waktu yang cukup lama juga dapat mengurangi kesegaran rasanya.

Meskipun kacang hijau mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun tetap dianjurkan untuk selalu mengkonsumsinya dalam porsi sewajarnya. Mengkonsumsi kacang hijau dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan.

Pasalnya, di dalam kacang hijau terdapat kandungan asam oksalat. Kandungan asam oksalat tersebut dapat mengkristal di dalam saluran kemih, sehingga disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau dengan bijak. Jika mempunyai riwayat kesehatan penyakit batu saluran kemih, disarankan untuk tidak mengkonsumsi kacang hijau atau makanan lainnya yang mengandung asam oksalat.

Agar terhindar dari penyakit batu saluran kemih, cukupilah asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh dengan minum air putih 6 – 8 gelas setiap hari. Cara tersebut berguna untuk melancarkan ekskresi urine serta berguna untuk menjaga kesehatan organ ginjal dan saluran kemih.

Advertisemen

Disqus Comments