v

8 Hal Bombastis Ini Mengandung Kebenaran

bandar757 - Pada era di mana berita palsu (fake news) dan fakta keliru merajalela, sulit bagi kita untuk membedakan mana informasi yang benar atau tidak. Sikap skeptis juga berlaku untuk sejumlah informasi sejarah. Namun, tak semua hal yang terdengar gila atau tak masuk akal itu bohong belaka, beberapa di antaranya ternyata fakta.

Misalnya, tahukah Anda bahwa penguasa Mesir paling terkenal dalam sejarah, Cleopatra VII bukan asli Mesir?

Keluarga Cleopatra -- yang memerintah di usia 18 tahun pada 51 Sebelum Masehi --berakar dari Yunani, tepatnya Makedonia, dan merebut kekuasaan atas Mesir setelah wafatnya Alexander Agung.

Seperti halnya penguasa Makedonia lain, Cleopatra memerintah Mesir dari Alexandria, yang menjadi pusat kebudayaan Yunani di sana.

Ada juga kisah pengisi suara Mickey Mouse dan Minnie Mouse, Wayne Allwine dan Russi Taylor ternyata adalah pasangan di dunia nyata.

Keduanya bertemu setelah mengisi suara kedua tokoh kartun populer tersebut, jatuh cinta, dan menikah selama 18 tahun sebelum maut memisahkan.

Tak hanya itu saja hal-hal bombastis yang ternyata nyata adanya. Berikut 8 hal yang terdengar gila atau tak masuk akal yang belakangan terbukti benar, seperti dikutip dari situs, http://www.toptenz.net:

1. Ada 20 Juta Ton Emas yang Terkandung di Lautan 
Laut menyimpan banyak misteri juga harta karun. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), lautan di muka Bumi mengandung sekitar 20 juta ton emas tak bertuan.

Jumlahnya cukup memberi setiap orang yang hidup pada saat ini masing-masing 9 pon logam mulia.

Masalahnya, sebagian besar emas di lautan terdistribusi dalam tingkatan sangat halus atau mikroskopik. Misalnya, dalam satu liter air laut mengandung 1 per 13 miliar gram emas -- tak ada cara untuk mengekstraksinya dan nyaris mustahil dikumpulkan.

Sementara, deposit emas terbesar terkubur beberapa satu hingga dua mil di bawah permukaan laut. Butuh penambangan besar- besaran untuk bisa mengambilnya. 

Namun, ada juga celah untuk mendapatkan harta karun bawah laut, yang tentu saja ditentukan keberuntungan. Misalnya, pada 2015, Kolombia menemukan emas senilai US$ 1 miliar dari kapal Spanyol yang tenggelam ratusan tahun lalu di perairan Cartagena.

Demikian juga dengan Indonesia, yang lautannya dikenal sebagai kuburan kapal karam. Nusantara tak hanya punya sejarah panjang.

Di dalam bumi dan lautnya juga terkandung harta karun berlimpah: kekayaan alam maupun tinggalan peradaban masa berupa emas, perhiasan, artefak, koin, dan benda berharga lainnya.

Potensi Indonesia sebagai lokasi pundi-pundi tersembunyi mengundang sejumlah pemburu harta untuk datang dan mencari peruntungan.

2. Gempa Terbesar dalam Sejarah Berkekuatan 23 Skala Richter
Gempa paling kuat, yang pernah tercatat dalam sejarah terjadi pada Minggu 22 Mei 1960. Kala itu, lindu dengan kekuatan 9,5 skala Richter mengguncang Chile.

Kekuatannya lebih besar dari kekuatan gempa yang memicu tsunami di pesisir Aceh dan Samudera Hindia pada 24 Desember 2004 yang sebesar 9,1 SR. Namun, ada gempa lain yang ternyata lebih dahsyat dari itu, yang kekuatannya mencapai 23 skala Richter.

Perkiraan itu disampaikan NASA, yang mengamati kejadian itu pada 22 Januari 2009-- yang untungnya berlangsung sangat jauh dari Bumi, yang jaraknya jutaan tahun cahaya. Lindu dahsyat itu terjadi di bintang bernama SGR J1550-5418. Gempa bintang (starquake) itu cukup besar untuk menghancurkan apapun dalam radius 10 tahun cahaya.

Energi yang dilepaskan adalah salah satu peristiwa paling mematikan di alam semesta. Setiap planet terdekat yang terkena dampaknya niscaya binasa.

Gempa yang berlangsung selama 20 menit melepaskan lebih banyak energi daripada yang dihasilkan Matahari dalam 20 tahun penuh.

3. Hewan yang Kecanduan Seks hingga Mati
Antechinus jantan punya perilaku seks yang gila. Marsupial mirip tikus yang ditemukan di Australia itu mampu kawin selama 14 jam tanpa henti, mengawini sebanyak mungkin betina.

Pesta seks liar itu bisa berlangsung selama dua minggu, penuh kekacauan -- melibatkan gigitan dan cakaran -- yang akhirnya membuat para pejantan kelelahan, sakit dan akhirnya mati.

"Mereka pejantan yang patut dikasihani," kata Diana Fisher dari University of Queensland yang memimpin penelitian tentang perilaku seks Anthechinus.

Seperti dikutip dari National Geographic, kebiasaan itu terjadi pada setiap Antechinus jantan, 11 bulan setelah mereka dilahirkan.

Secara fisiologis, perilaku seks Antechinus juga didukung oleh hormon testosteron yang membuat fauna pemakan invertebrata itu tetap terjaga dan siap sedia berhubungan seksual -- tanpa istirahat.

4. Novel Yang Tidak Mengandung Huruf E
Pada tahun 1936, penulis Ernest Vincent Wright menulis sebuah novel yang tidak mengandung huruf "E", yang merupakan aksara yang paling umum dalam bahasa Inggris.

Ia sangat bersemangat dengan proyeknya itu -- apalagi setelah banyak orang mengatakan, hal itu mustahil secara tata bahasa.

Namun, Wright berhasil menerbitkan novel, yang terdiri atas 50.000 kata. Judulnya, Gadsby. Untuk memastikan dia tidak memencet tombol "E" pada mesin tiknya, sang penulis menonaktifkannya.

Menurutnya, hal yang paling sulit adalah menghindari kata-kata yang diakhiri dengan "-ed." Plot novel Gadsby berputar di sekitar kota fiksi Branton Hills, yang mengalami kemunduran.

Tokoh utama buku ini, John Gadsby, memimpin sekelompok orang muda untuk membantu meremajakan kota mereka.

5. Nasib Aneh Penerima Jantung Korban Bunuh Diri
Pada tahun 1995, Sonny Graham segera membutuhkan jantung baru, atau ia bakal meninggal dunia pada usia 57 tahun.

Kabar baiknya, ada seorang donor jantung -- milik Terry Cottle yang tewas akibat bunuh diri, dengan menembak dirinya sendiri. Setelah mendapatkan jantung itu, Graham yang sangat bersyukur mengirim surat berisi ucapan terima kasih untuk keluarga Terry.

Kontak itu mempertemukan Graham dengan janda Terry, Cheryl Cottle. Pada bulan Januari 1997, ketika Cheryl berusia 28 tahun, dia dan Graham bertemu. Kala itu, Graham mengatakan bahwa ia merasa telah mengenal Cheryl seumur hidupnya.

Pada tahun 2001, Graham membeli sebuah rumah untuk ditinggali Cottle dan anak-anaknya. Tiga tahun kemudian, keduanya menikah.

Namun, 12 tahun setelah mendapatkan jantung Terry -- pada bulan April 2006 -- Graham bunuh diri. Sama seperti Terry, ia tewas akibat luka tembak.

6. Terpidana Mati Kabur dan Tewas Tepat di Hari Eksekusi
Pada tanggal 21 November 1973, Troy Leon Gregg yang berusia 20 tahun berniat menumpang mobil pengendara yang lewat di Gwinnett County, Georgia. Mobil yang ditumpangi Fred Edward Simmons dan Bob Durwood Moore kemudian berhenti dan mengizinkannya naik.

Namun, Gregg justru merampok kedua pria itu, menembak para korban hingga tewas. Dia akhirnya ditangkap, diadili, dan dijatuhi hukuman mati pada tahun 1974.

Setelah mengajukan banding atas hukuman tersebut, Mahkamah  Agung menguatkan vonis mati. Gregg dijadwalkan dieksekusi mati pada 29 Juli 1980.

Namun, sehari sebelum eksekusi dilakukan, Gregg berhasil kabur bersama tiga tahanan lain. Mereka menggergaji jeruji sel dan menyamar sebagai penjaga.

Namun, kebebasan Gregg berumur pendek. Dia dipukuli sampai mati, pada malam dia seharusnya dieksekusi, di sebuah bar oleh James C. "Butch" Horne Jr. Tiga narapidana lainnya ditangkap tiga hari kemudian.

7. Nominasi Nobel Perdamaian untuk Adolf Hitler
Salah satu penjahat terbesar dalam sejarah manusia adalah Adolf Hitler. Bos Nazi itu dianggap bertanggung jawab atas kematian jutaan orang selama Perang Dunia II, khususnya kaum Yahudi.

Siapa sangka, tiga bulan setelah memulai Perang Dunia II dengan invasi ke Polandia pada tahun 1939 -- dan 16 bulan setelah diberi gelar Man of the Year Majalah Time -- Hitler 'dinominasikan' untuk menerima Hadiah Nobel Perdamaian oleh politisi Swedia Erik Gottfrid Christian Brandt.

Nominasi lain adalah Mahatma Gandhi. Kala itu, panitia Nobel tak menyadari bahwa surat Brandt yang mencalonkan Hitler adalah bentuk ironi alias tak serius. Brandt anti-fasisme dan dia ingin memprovokasi Hitler dan Nazi. Saat ia menyadari Komite Nobel tak tahu bahwa itu hanya lelucon belaka, ia langsung mencabut nominasinya itu.

Pada akhirnya, tak ada siapapun yang memenangkan Nobel Perdamaian 1939 sebab Perang Dunia II terlanjur pecah.

8. Peluang Anda Dilahirkan adalah 1:10 Pangkat 2.685.000
Peluang seorang manusia bisa dilahirkan adalah 10 pangkat 2.685.000. Kita bahkan tak bisa menulis semua angka nol -- sebab jumlahnya mencapai 2.685.000. Begini penjelasannya: peluang bahwa ayah dan ibu Anda bertemu adalah 1:20.000.Kemudian, peluang pertemuan itu menghasilkan anak adalah 1 banding 2.000.

Berikutnya, kemungkinan sperma membuahi sel telur yang kemudian menjadi Anda adalah 1 dibanding 400.000.000.000.000.000.

Tentu saja, orang tua Anda tak muncul seketika, melainkan bagian dari dari garis keturunan. Kemungkinan bahwa mereka adalah bagian dari garis keturunan manusia yang tidak terputus yang dimulai sepanjang awal spesies adalah 1: 1.045.000.

Dan perlu diingat bahwa setiap nenek moyang Anda lahir karena orang tua mereka bertemu, menghasilkan anak, di mana sebuah sperma dan indung telur bertemu -- peluang itu terjadi sekali dalam 150.000 kali -- terkait berapa generasi sejak kemunculan manusia, Anda memiliki peluang sebesar 1:102.640.000.

Jika digabungkan semua, maka peluang seorang manusia untuk lahir adalah satu di banding 10 pangkat 2.685.000.

Advertisemen

Disqus Comments