16 Mei 2017

10 Tempat Wisata di Medan, Sumatera Utara


Medan adalah salah satu kota besar Indonesia yang berada di urutan ketiga setelah kota Jakarta dan Surabaya ini merupakan ibukota dari provinsi sumatera utara. Mungkin bila kita mendengar nama kota tersebut akan sekilas terbayang keindahan tempat wisata alam yang terkenal di medan, yaitu danau toba. Objek wisata terbaik di medan yang sudah terkenal baik oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Namun tidak hanya itu saja objek wisata di medan yang ramai dikunjungi wisatawan. Masih ada beberapa tempat di medan yang wajib anda kunjungi saat datang ke kota tersebut.
Sebelumnya penulis pernah membahas salah satu objek wisata di medan sumatera utara yaitu pulau nias. Memang kota ini tidak kalah menariknya dibandingkan dengan kota-kota wisata di Indonesia yang sudah mendunia dikalangan traveler mancanegara. Kondisi kota ini juga sangat mendukung bagi dunia pariwisata di sumatera utara, baik itu mengenai info hotel maupun tempat belanja oleh-oleh khas medan yang mudah anda temui. Dalam posting ini kita akan membahas 10 tempat wisata di medan yang terkenal oleh wisatawan.
sekilas Tentang Kota Medan
Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota metropolitan terbesar di luar Pulau Jawa dan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata penangkaran orangutan di Bukit Lawang, serta kawasan Danau Toba.
10 Tempat Wisata di Medan Yang Terkenal
1. Objek Wisata Danau Toba di Medan
Tempat Wisata di Medan Paling Ramai DikunjungiSumatera utara adalah provinsi di Indonesia yang memiliki sebuah danau vulkanis terbesar di dunia. Hal ini sangat berpengaruh untuk dunia pariwisata di sumatera utara serta meningkatkan penghasilan daerah tersebut. Tempat wisata di medan yang satu ini juga sudah terkenal dan ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Ditengah danau toba terdapat sebuah pulau yang menjadi symbol dunia wisata di medan sumatera utara. Destinasi wisata di medan ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona. Selain itu kita juga dapat berkeliling menggunakan sepeda di kawasan danau tersebut sambil menikmati pesona keindahan danau toba. Tidak hanya itu saja, kita juga dapat mengelilingi danau dengan perahu yang disewakan di sekitar danau. Kegiatan seperti olahraga air dan berenang juga bisa anda lakukan di danau ini. Untuk fasilitas penginapan juga sangat mudah anda dapatkan seperti hotel atau homestay di tempat ini.
2. Pulau Samosir Objek Wisata di Tengah Danau Toba
Tempat Wisata di Medan Paling Ramai DikunjungiSebuah pulau yang berada tepat di tengah danau toba ini bernama pulau samosir. Tujuan wisata terbaik di medan yang satu ini merupakan icon dunia wisata di sumatera utara. Adat dan budaya suku batak di pulau ini masih sangat kental. Bagi anda yang tertarik untuk mengetahui riwayat suku batak, tempat wisata ini wajib anda kunjungi saat datang ke kota medan. Selain itu anda juga bisa membeli oleh-oleh khas medan berupa souvenir seperti aksesoris, kain, baju, dan lainnya khas suku batak. Nikmati indahnya pemandangan pepohonan hijau serta jernihnya air danau toba di pulau samosir sumatera utara.
3. Telaga Dwi Warna Sibolangit
Tempat Wisata di Medan Paling Ramai DikunjungiTempat wisata di medan berikutnya adalah air terjun telaga dwi warna sibolangit. Jika kita perhatikan dari nama obyek wisata yang satu ini kita dapat menyimpulkan bahwa air terjun di tempat ini memiliki 2 warna berbeda. Ya, memang air terjun telaga dwi warna sibolangit ini memiliki 2 warna, yaitu warna biru untuk air dingin dan warna putih yang berair hangat. Anda bisa berenenang di telaga ini sambil menikmati kesejukan alam khas pegunungan di sumatera utara. Untuk sampai ke telaga dwi warna, anda harus menyusuri hutan selama 3 jam perjalanan dari pintu rimba sibolangit. Mungkin memang sangat melelahkan untuk sampai di obyek wisata ini. Namun bagi anda yang suka berkemah, telaga dwi warna sangat cocok dan wajib untuk dikunjungi sebagai kunjungan wisata alam di sumatera utara.

4. Bukit Lawang
Tempat Wisata di Medan Paling Ramai DikunjungiKawasan wisata alam di medan yang menarik selanjutnya adalah bukit lawang. Untuk menuju tempat ini anda harus melakukan perjalanan selama 3 jam dari pusat kota medan. Tempat wisata di medan ini berada di dekat pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser. Bukit lawang merupakan hutan tropis yang menjadi salah satu daerah wisata di medan paling ramai dikunjungi wisatawan. Kegiatan seperti rafting dan treking juga bisa anda lakukan di bukit lawang. Bagi anda yang menyukai petualangan, tempat ini wajib anda kunjungi saat datang ke kota medan.

5. Istana Maimun
Tempat Wisata di Medan Paling Ramai DikunjungiSebuah istana yang berada di jalan brigjen katamso kecamatan medan maimun ini merupakan peninggalan dari kerajaan Deli. Bangunan megah berwarna kuning tersebut juga banyak dikunjungi oleh wisatawan sebagai tempat menarik di medan yang terkenal. Didalam istana maimun terdapat lukisan-lukisan sultan, singgasana, dan peninggalan lainnya dari kerajaan Deli. Harga tiket masuk istana ini cukup murah, sehingga tidak ada alasan untuk melewati obyek wisata di medan yang satu ini.

6. Tjong A Fie’s Mansion
Tempat Wisata di Medan Paling Ramai Dikunjungi Selain istana maimun, terdapat juga sebuah rumah yang menjadi tujuan liburan bersejarah di medan. Rumah Tjong A Fie adalah sebuah rumah saudagar kaya yang berasal dari negeri china pada masa kerajaan Deli. Namun saat ini rumah tersebut telah menjadi tempat wisata di medan yang juga ramai dikunjungi oleh wisatawan sebagai obyek wisata sejarah. Didalam rumah yang memiliki desain arsitektur bernuansa melayu, eropa, dan china ini kita dapat mengetahui sejarah budaya melayu-tionghoa sampai sejarah kota medan itu sendiri
7. Merdeka Walk
Tempat Wisata di Medan Paling Ramai DikunjungiBagi anda yang menyukai jajanan kuliner dan berjalan-jalan di malam hari. Merdeka Walk merupakan tempat wisata kuliner di medan yang tepat. Dengan dihiasi kilau lampu berwarna-warni dan bangunan tua disekitaran merdeka walk serta sambil menikmati jajanan kuliner di medan, akan membuat suasana malam anda berkesan saat berada di kota medan. Perlu diketahui bahwa tempat ini hanya dibuka pada malam hari saja sebagai tempat kuliner dan bersantai yang asik di kota medan.
8. Gunung Sibayak
Tempat Wisata di Medan Paling Ramai DikunjungiGunung sibayak atau sering disebut sebagai gunung raja ini merupakan gunung berapi di medan yang masih aktif hingga saat ini. Gunung berapi sibayak berada di tanah karo medan. Keindahan pemandangan objek wisata alam yang satu ini sangat menakjubkan, apalagi bagi anda penikmat pemandangan matahari terbit. Gunung sibayak berjarak sekitar 77 km atau 2 jam perjalanan dari kota medan. Harga tiket masuk kawasan wisata gunung sibayak-pun sungguh sangat murah serta terjangkau oleh siapapun.
9. Taman Alam Lumbini
Tempat Wisata di Medan Paling Ramai DikunjungiDibawah kaki gunung sibayak terdapat sebuah taman yang juga menjadi tempat wisata di medan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Taman alam lumbini memiliki sebuah replika pagoda shwedago yang berada di Myanmar. Meski hanya sebuah replika, pagoda ini termasuk salah satu pagoda tertinggi di Indonesia. Ada keunikan yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berlibur ke tempat ini. Terdapat stupa dengan kepanjangan 69 meter dan ketinggian 47 meter, serta di lengkapi dengan 2500 patung buddha dan relif lainnya di taman alam lumbini. Perlu diketahui pula bahwa untuk masuk ke kawasan wisata ini tidak di pungut biaya alias gratis alias free.

10. Air Terjun Sipisopiso
Tempat Wisata di Medan Paling Ramai DikunjungiAir terjun yang memiliki ketinggian sekitar 120 meter ini berada di dekat gunung sipiso-piso sumatera utara. Kesejukan dan keindahan objek wisata ini tidak perlu anda ragukan lagi. Selain itu anda bisa melihat danau toba dan pesona keindahannya. Untuk sampai ke bawah air terjun, anda harus berjalan kaki menuruni panjangnya anak tangga menuju air terjun tersebut. Setelah sampai, anda bisa menilai sendiri keindahan air terjun tersebut dari dekat.

Sumber : seputarnkri.com

Posting Komentar