21 Mei 2017

6 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Konsumsi sarapan sehat sangat dianjurkan. Tapi tidak perlu makanan berat saat baru bangun tidur. Racikan minuman hingga camilan ini bisa jadi pilihan memulai hari. Menurut NDTV, lebih baik tidak memulai hari dengan makanan berat yang lengkap. Sebab tubuh, organ dalam dan berbagai prosesnya perlu waktu untuk berfungsi baik setelah berjam-jam istirahat.

Pakar kesehatan menyarankan lebih baik minum air putih atau camilan ringan untuk membuat metabolisme berjalan. Baru kemudian menyantap menu sarapan.

Dr. Rupali Datta, ahli gizi India, memilihkan makanan yang baik dikonsumsi saat awal pagi. Ia merekomendasikan sarapan dua jam setelah bangun tidur. Sambil menunggu waktu sarapan, mulai hari dengan konsumsi makanan berikut.
1. Madu dengan air hangat
Kombinasi ini diketahui bisa memperbaiki pencernaan dan kekebalan tubuh. Ketika Anda mengonsumsinya di awal pagi saat perut kosong, bisa membantu meningkatkan metabolisme.

Tidak seperti minuman lainnya untuk penurunan berat badan, campuran madu, lemon dan air sangat sedikit kandungan kalori. Lebih jauh lagi, madu membantu menambah tingkatan energi dan menghilangkan racun dalam tubuh.
2. Kacang almond rendaman
Almond bisa direndam dengan air dalam wadah berpenutup selama 8 jam. Kemudian tiriskan airnya, kupas kulit dan simpan almond dalam wadah plastik. Kacang ini bisa bertahan selama seminggu.

Kacang rendaman ini mengandung vitamin dan mineral penting. Ketika Anda merendamnya, nilai nutrisinya meningkat. Menurut Weight Management, Gargi Sharma, kulit cokelat dari kacang almond mengandung tannin yang menghambat penyerapan nutrisi. Ketika direndam, kulitnya jadi mudah terkelupas dan membuat kacang melepas seluruh nutrisinya dengan mudah.

Setelah lama tidur, baik mengonsumsi 5-10 almond. Ini memberi nutrisi di pagi hari dan menambah rasa kenyang saat melewati hari.
3. Pepaya
Pepaya baik dikonsumsi saat perut kosong di awal pagi. Karena bisa membersihkan perut dan baik untuk kelancaran buang air besar. Pepaya juga diketahui bisa menurunkan kolesterol jahat pemicu penyakit jantung. Sebaiknya hindari makan apapun setelah pepaya setidaknya selama satu jam.
4. Biji chia
Biji kecil ini sebenarnya merupakan protein lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial. Biji chia juga kaya akan asam lemak esensial, magnesium, zat besi dan vitamin B.

Rendamlah biji chia dalam air semalaman. Kemudian makan saat Anda bangun tidur. Anda juga bisa merendam biji chia dalam susu almond atau santan. Biji chia juga enak jadi campuran smoothie atau buah segar.
5. Semangka
Semangka baik dikonsumsi saat perut kosong, khususnya di awal pagi. Kandungan kalori buah ini rendah dan kaya akan elektrolit. Semangka juga bergizi dan menghidrasi tubuh. Cocok untuk memulai pagi yang panas.
6. Kurma
Kurma merupakan sumber terbaik untuk energi instan yang sangat dibutuhkan untuk memulai hari. Buah kurma juga mengandung serat larut yang penting untuk kesehatan pencernaan. Karena menarik air ke saluran pencernaan. Ini juga membantu meringankan sembelit. Potassium yang terkandung dalam kurma dapat mengatasi sakit perut dan diare.

Sumber      :  food.detik.com
Editor        :  bandarberita757.blogspot.com
Posting Komentar