23 Juni 2017

10 Jenis Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

bandarberita757.blogspot.com - Beberapa dari kita mungkin memiliki kebiasaan menyimpan makanan di kulkas untuk menjaga kesegaran makanan tersebut.

Dikutip dari Mirror (4/8/2016), namun, ada beberapa jenis makanan yang ternyata lebih baik tidak disimpan di dalam kulkas. Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas, seperti yang dirangkum oleh Good Housekeeping Institute :

1. Roti
Roti merupakan makanan yang dapat menjadi kering dan basi lebih cepat jika dimasukkan ke dalam kulkas. Jika ingin menyimpannya, anda dapat meletakkannya di tempat yang dingin namun kering, seperti kotak tempat menyimpan roti.

2. Melon
Mengkonsumsi melon di saat musim panas memang menyegarkan, namun Good Housekeeping merekomendasikan agar menyimpannya di tempat lain, namun hanya sebelum anda memotongnya.

Saat melon sudah dipotong, bungkus melon menggunakan plastik pembukus makanan terlebih dahulu jika anda ingin menyimpannya di dalam kulkas.

3. Pisang
Jika anda baru saja membeli sebuah pisang, jangan langsung ditempatkan di dalam kulkas, tunggulah beberapa hari.

Pisang merupakan buah yang berkaitan erat dnegan iklim tropis. Sel di dalam pisang tidak memiliki sistem perlindungan alami untuk melindungi pisang dari cuaca dingin, menurut informasi dari A Moment of Science.

Jika pisang masih hijau atau belum matang dan anda langsung menyimpannya di dalam kulkas, pisang tersebut tidak akan matang.

Malah, akan berubah menjadi lembek dan menghitam akibat enzim di dalam pisang yang menghancurkan nutrisi di dalam pisang. Namun jika pisang sudah matang, pisang aman untuk disimpan di dalam kulkas.

4. Tomat
Harold McGee, dalam bukunya berjudul On Food and Cooking, mengtakan jika memasukkan tomat ke dalam kulkas sebenarnya akan merusak membran di dalam tomat, yang tentunya akan merubah rasa dan tekstur dari tomat.

Rasa dari tomat akan menghilang dan bisa berubah menjadi lebih berair dan tidak matang. Cukup disimpan di tempat yang sejuk dan rasa dari tomat akan bertahan selama beberapa hari.

5. Kentang
Menurut Foods Standards Agency, kentang adalah salah satu jenis makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas karena akan membahayakan.

Dalam situsnya, Food Standards Agency menulis ”Salah satu jenis makanan penting yang tak boleh disimpan di dalam kulkas adalah kentang.”

”Saat disimpan di dalam kulkas, unsur pati di dalam kentang akan berubah menjadi gula. Saat kentang di panggang atau di goreng, gula ini akan bercampur dengan asam amino asparagin dan memproduksi unsur akrilamida kimia, yang diyakini dapat membahayakan tubuh.”

6. Kue
Kue lebih baik disimpan di wadah berutup selama beberapa hari. Jika ada krim segar yang terdapat pada beberapa kue, kue boleh disimpan di dalam kulkas.

7. Kopi
Jika anda memiliki kebiasaan menyipan wadah berisi kopi milik anda di dalam kulkas, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.

Biji kopi akan meresap bau dari lingkungan disekitarnya, dan tentu saja hal ini akan merubah rasa dari kopi tersebut. Cukup disimpan di lukar kuas dan simpan di dalam wadah berpenutup.

8. Madu
Jika diletakkan di tempat bersuhu rendah seperti kulkas, madu akan mulai mengkristal, hal ini membuat madu menjadi kurnag segar dan cenderung bertekstur keras.

9. Bawang
Bawang lebih baik diletakkan di tempat yang kering dan memiliki sirkulasi udara. Jika dimasukkan di dalam kulkas, bawang akan mempengaruhi rasa makanan lain yang berada di dalam kulkas. Jangan lupa untuk meletakkan bawang di tempat yang lebih gelap.

10. Alpukat
Menyimpan alpukat, khususnya yang belum mentah, di dalam kulkas, akan memperlambat proses pematangan alpukat.

Jika ingin mematangkannya lebih cepat, cukup letakkan di dalam wadah coklat terbuka dan tidak di dalam kulkas.

Posting Komentar