12 Juni 2017

Kenali Tanda-Tanda Penyakit Leukimia yang Menyebabkan Ririn Ekawati Meninggal


Suami artis cantik Ririn Ekawati telah mengembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pondok Indah pada Minggu 11/06/2017. Diketahui Fery Wijaya menderita penyakit kanker sejak 2014 silam.

Penyakit leukimia seperti yang di derita Fery Wijaya ini memang sangat berbahaya dan mematikan.

Leukimia atau kanker darah adalah kanker yang menyerang sel-sel yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang.

Pada kondisi normal, sel-sel darah putih akan berkembang secara teratur di saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul.

Namun bagi pengidap kanker darah, sumsum tulang belakang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jumlahnya yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang. Sehingga sel-sel darah sehat akan berkurang. Tak mau hal itu terjadi pada kamu kan?. Untuk itu kenali tanda-tanda awal gejala leukimia sebelum terlambat. Gejala kanker darah sangat beragam. Tiap penderita biasanya mengalami indikasi yang berbeda-beda, tergantung kepada jenis kanker darah yang diidap.

Indikasi-indikasi kanker ini juga cenderung sulit dikenali karena cenderung mirip dengan kondisi lain, seperti flu.

Karena itu, perlu mewaspadai gejala-gejala umum penyakit leukimia.

1. Berkurangnya kontrol otot
Kesulitan mengendalikan diri ketika berjalan atau mengalami kejang otot dari waktu ke waktu merupakan salah satu gejala leukemia.

Penderita leukemia biasanya akan kesulitan mengontrol otot dan menyeimbangkan tubuh.

2. Sering pendarahan
Orang yang menderita leukemia akan mudah sekali mengalami pendarahan meskipun hanya luka kecil. Bahkan jika luka memar saja membutuhkan waktu penyembuhan yang lama, bisa jadi merupakan gejala leukemia.

Tanda lain adalah munculnya titik-titik merah atau ungu kecil di bawah kulit.

3. Sering capek
Sering merasa kelelahan meskipun tak melakukan aktivitas berat juga bisa menjadi tanda terkena leukimia.

Karena peningkatan produksi sel darah putih dapat menyebabkan energi cepat habis.

4. Berat badan turun drastis
Gejala leukemia juga ditunjukkan oleh berat badan yang tiba-tiba menurun drastis. Padahal seseorang tidak mengubah pola dietnya sehari-hari. Hal ini disebabkan karena pembakaran energi tingkat tinggi yang membuat seseorang kehilangan berat badannya jika tidak meningkatkan pola makan.

Jika mengalami hal yang serupa dengan tanda-tanda diatas, segera priksakan kesehatan kamu. Karena bisa jadi itu menjadi tanda terkena penyakit leukimia.

Posting Komentar